Satu lagi unit usaha yang diprakarsai oleh Pelita Klabat dengan maksud melatih siswa dan mahasiswa sambil membantu membiayai sekolah atau kuliahnya. Kali ini unit usaha yang dijalankan adalah Laundry. Unit usaha yang digagas oleh salah satu direktur bidang LSM Pelita Klabat Yossi Najoan sejak di launching belum lama ini terus mnedapat perhatian warga setempat.







Patut dimaklumi tidak sedikit keluarga yang berkarir yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian atau pekerjaan rumah lainnya. Bidang inilah yang dibidik oleh para pengelola LSM Pelita Klabat.

Setidaknya ada sekitar 15 unit usaha kecil yang digagas oleh LSM Pelita Klabat yang sebagian di antaranya dikerjakan oleh para mahasiswa. Menurut ketua LSM Pelita Klabat Harschel Najoan, semua yang dilakukan oleh LSM Pelita Klabat adalah sesuai dengan moto nya yaitu "Peduli Sesama & Peduli Lingkungan" dan sebagai bagian kepedulian terhadap sesama di antaranya adalah dengan upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui dunia pendidikan.

Apa yang disampaikan oleh ketua LSM Pelita Klabat diaminkan oleh direktur umum program Tjokro Sinarjo. Menurut direktur umum program yang serba bisa ini, sebelumnya apa yang dilakukan di Pelita Klabat seperti pengembangan pertanian organik sudah dilakukan di berbagai daerah di pulau Jawa dan saatnya melalui Pelita Klabat apa yang sudah dilakukan di Jawa kami kembangkan pula di Sulawesi Utara. "maklum, maitua orang Manado, dia bilang marijo torang bangun Sulawesi Utara dan akhirnya kita juga so jadi orang Manado", celetuk Tjokro dengan logat Manado nya yang masih belepotan.